BUBUR GORENG

           Iya, iya judulnya memang aneh. Tapi bukan cuma judulnya aja yang aneh, di tulisan kali ini gua mau sela sedikit, gua gak ngomongin dulu tentang perjalanan gua ke Solo. Gua mau bercerita tentang salah satu kawan baik gua yang aneh hehehe enggak... enggak... kawan baik yang sudah bersedia dengan suka rela jadi partner ngayab pada saat gua di kota Solo. Namanya Yoga Aditama. Jadi dia ini salah satu kawan yang gua kenal sejak SMA guys. Awalnya kami kenal gara-gara salah satu sahabat karib gua lagi ngobrol sama nih orang. Gak banyak yang gua inget tentang nih orang waktu jaman SMA, karena duli kami memang gak akrab abnget. Boro-boro akrab, ngobrol aja jarang, sekalinya ngobrol gua nya yang canggung. But certainly, one thing i still remember is.... dulu kita pernah sharing atau ngerjain portofolio bareng untuk persyaratan masuk universitas. Nah dari situ deh kami mulai berteman (walau gua nya masih agak canggung). 

       Sepanjang pertemanan gua sama orang ini gak ada masalah, wong orangnya juga kelihatannya baik, sopan kalem, lugas, dari caranya bicara dan perawakannya juga ketara banget kalo nih orang gak neko-neko ataupun macem-macem. Ya, seperti remaja laki-laki normal lah. Sempet sesekali gua ngobrol (walau gak sering), tutur katanya halus, lembut, namun cenderung kaku dan susah banget dulu gua ajak bercanda. Gua sampai gak bisa bedain dari nada bicaranya; dia lagi kesalkah, lagi senang, atau lagi guyon. Karena intonasinya sama aja cuy, datar, kan gua jadi bingung. At least begitulah pandangan gua tentang dia pada masa SMA.

         Well well, pasca lulus sekolah SMA, kami menjalani hidup seperti biasa. Gua diterima di salah satu kampus yang ada di Depok, sedangkan dia diterima di salah satu Universitas di Solo jalur undangan. Sebelum benar-benar mulai kuliah gua sama dia sempat main bareng, bertiga waktu itu sama kawan karib gua. Nonton film dan ke book store. Setelah sempat hang out bareng pasca kelulusan, gua dan kawan gua ini sempet lost contact (emang orangnya rada sombong guys, sok sibuk, hubungin gua cuma 6 bulan sekali hehehe bercanda ya sob).  Kadang ketemu setiap dia pulang ke Jakarta aja, itu juga gak setiap saat. Pas ketemu juga ya paling dikit banget ngobrolnya. Gua aja sampe lupa pernah ngobrolin apaan aja dulu sama dia. 

        Tapi jangan salah, waktu itu kami pernah sharing bareng (pas semester 4 tepatnya) tentang mata kuliah di jurusan kami masing-masing di salah satu tempat makan yang ada di kota Depok. Cuma ya sekedar sharing-sharing receh dan lagi-lagi gua kebanyakan diem. Kadang kasihan juga sih gua sama dia yang selalu nyari topik pembicaraan, sedangkan gua diem aja udah kayak berhala.  Kemudian pernah juga ketika awal semester 6, dia ngajak ke suatu acara pameran gitu. Pada saat itu sedang ada pameran arsitektur di galeri nasional daerah Jakarta Pusat.  Wah gua tertarik lah untuk ikut, yaudah aja gua oke-in ajakannya dia. Kami naik kereta untuk sampai di lokasinya. Dan ya, seperti yang kalian tebak, gua kebanyakan diem guys hampir sepanjang hari. Kawan gua ini kayaknya bingung sama gua ya kenapa gua diem doang. Alasan gua kenapa selalu diem ke dia, ya karena gua belom kenal-kenal amat sama orang ini. Gua gak tau karakternya gimana, gua gak tau hal yang bisa nyinggung dia (jadi intinya gua play safe alias main aman). Tapi jujur aja, sampai sekarang gua juga masih kebanyakan diam kayak berhala saat berinteraksi sama dia. Gua masih agak canggung, masih belom paham sebenernya nih orang maunya apaan. 

       Nah, setelah hari itu, kami menjalani aktifitas seperti biasa lagi. Balik lagi jadi mahasiswa kampus masing-masing. Gak lama, terdengar kabar tentang pandemi Covid-19 yang kasus pertamanya adalah dari kota Depok. Waduh udah tuh, satu indonesia mulai melakukan tindakan. Sekolah, kampus, kantor dan beberapa tempat di tutup untuk dilakukan lock down. Nih orang sempat chat gua untuk mastiin kondisi di kota Depok soalnya pada saat itu dia bilang mau balik ke Depok. Lumayan lama nanya-nanya, setelah itu dia bilang bahwa keputusan dia sudah bulat untuk pulang, daripada di kost-an mau ngapa-ngapain juga susah katanya. Abis itu sempet lost contact lagi selama beberapa bulan (emang orangnya gitu guys, agak gak acuh, kadang kesel juga gua dibuatnya. hehehe). Setelah itu gua coba hubungin dia lagi untuk sekedar nanya kabar, di jawab sih sama dia. Cuma gua rada jengkel sama nih orang. Gua nanya pertanyaan yang harusnya jawabannya bukan "oke". Nah tapi, tapi.... entah kenapa dia jawabnya selalu "oke". Bikin pusing dan sakit kepala hamba menghadapinya.

    Setelah kejadian itu, gua lanjut lagi melakukan aktifitas keseharian gua. Diantaranya adalah kuliah online. Sampai lulus tuh yekan gua kuliah depan laptop mulu. Kemudian setelah kelulusan dan semua berkas kampus sudah selai gua urus. Gua iseng-iseng ngelamar dan diterima bekerja di salah satu penerbitan buku di kota Depok, lokasinya deket banget sama rumah gua hanya sekitar 10 menit kalo naik motor. Minggu ke dua setelah gua bekerja di perusahaan tersebut, gua ngeliat kawan gua ini up date status WA (posisinya gua lagi di kantor). Gua jarang liat status wa orang-orang sebenernya, tapi kali ini kebetulan gua lagi liat-liat status wa. Kawan gua ini post broad cast tentang seminar, lalu gua iseng untuk mengomentari statusnya dengan emotikon jempol andalan gua. Kemudian dia nawarin gua untuk ikut seminarnya, karena kebetulan dia yang jadi moderator.

        Nah, disini nih awalnya gua sama kawan gua ini mulai intens interaksi. Mulai ngobrolin banyak hal (walau yang mulai obrolal masih kawan gua ini, gua mah kebanyakan diem). Sempet ketemuan juga, sepedaan bareng ke tempat-tempat alam dan sharing-sharing tentang software. Lambat laun kami jadi sering telfonan yang awalnya saminggu sekali, ini jadi hampir tiap malam (awalnya gegara ada urusan projek kerjaan yang mengharuskan kami tektokan). Ternyata dia orangnya gak sekaku yang gua kira, bisa ngelawak juga meskipun lawakan yang dia lontarkan ke gua adalah lawakan yang alakadarnya. Eheheh, engga deng, lawakannya cukup menghibur. Kadang kalo gua lagi suntuk, lawakannya yang bisa balikin good mood gua. Sejujurnya agak lelah ya kalau gua harus interaksi terus-menerus apalagi di malam hari. But isokey, karena dia salah satu kawan baik gua, i'll do everything for all my dearest friends with no any condition. 

         Namun yang namanya pertemanan gak luput dari kejadian-kejadian yang menimbulkan konflik dan menengangkan urat dan otot. Gua masih inget banget ketika kali pertama kena omel dia. What a nightmare, gua sering sih di bentak orang, tapi gak ada yang ngebentak gua the way he did. Ya memang itu kesalahan dan ulah gua, yang cenderung sering memotong pembicaraan dia. Itu terjadi ketika 2 minggu sebelum datangnya bulan Ramadhan. Semenjak saat itu, kami jadi sering selisih paham dan main urat ketika berbicara. Cuma ya ujung-ujungnya maaf-maafan lagi. Balik lagi ngobrol seperti biasa. Kejadian itu terus berulang sampai detik gua nulis blog ini. Jadi makin ketahuan deh sifat asli masing-masing.

        Dari obrolan-obrolan itulah timbul beberapa ide dari dia tentang rencana ke Solo (yang awalnya ke Wonosobo). Di momen inilah cikal-bakalnya rencana gua untuk liburan ke luar kota guys. Pasca gua ke Solo pun kami masih interaksi secara intens. Walaupun masih tetap sering selisih paham, sering banget emosi-emosian, juga dia sering nasihatin gua. Cuma disamping itu, gua selalu tahu dia  punya alasan kenapa sering banget emosi, itu semua karena ulah gua juga. Gua juga jadi paham, dia nasehatin gua pasti untuk kebaikan gua. Sama-sama saling mengingatkan aja lah. 

        Banyak pelajaran yang bisa gua ambil dari pribadi orang ini. Seperti halnya kawan gua yang lain, bagi gua orang ini luar biasa. Mampu bertahan dalam segala keterbatasannya. Di kondisinya yang gak mudah ini, dia masih mau menyempatkan diri untuk mengoreksi semua kekurangan gua (ya walau gua tetap aja ngeyel kalo dibilangin). Bisa liat titik buta dalam diri gua yang gak semua orang bisa ngelihatnya. Semua kata-katanya cukup menginspirasi gua. Kebanyakan, beberapa diskusi yang berbobot dia duluan yang mulai. Diantaranya diskusi tentang kehidupan, psikologi manusia, hingga kepada hal-hal yang ghaib. Gua cukup takjub sama pola pikirnya, selalu bisa melihat suati kejadian dari perspektif lain. Banyak sebenernya hal positif dari kawan gua ini yang membuat gua "mesmerized". Tapi sayangnya, dia gak nyadar walau udah gua kasih tahu  berkali-kali. Tapi sebisa mungkin gua bakal selalu ngingetin dia tentang hal positif yang dia punya dalam dirinya. 

        Namun namanya juga manusia ya, pasti ada kekurangannya dong. Pastinya. Diantara kekurangan-kekurangannya dia, gua paling dongkol sama sifatnya dia yang agaknya memaksa (walau pemaksaan itu bukan hal-hal yang konteksnya negatif ya). Selain itu orangnya juga gak sabaran, kurang begitu paham akan yang namanya proses. Sering kali ingin langsung dapat hasilnya. 

        But then again, nobody's perfect aite? Walaupun begitu, dia tetaplah salah satu kawan yang selalu gua kagumi. Banyak sisi positif yang bisa gua ambil dan gua pelajari dari dirinya. Selagi dia gak berbuat hal yang melanggar hukum atau agama, dia tetaplah orang yang baik bagi gua. He did great as long as you trying to be a better person. 

      Yah itulah ya, semua celotehan gua tentang salah satu kawan baik gua (yang baru gua ceritain di blog gua ini). Satu halaman blog sendiri, buset dah kurang istimewa apa lagi coba tuh orang. Untuk cerita tentang trip di Solo selanjutnya, bakalan tayang dalam waktu dekat ini. Ditunggu ya sobat! CHERIO!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posesif

Ditinggalkan Diri Sendiri

Love is a Game